"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Sunday, March 11, 2012

Pekerjaan Besar Misi di Indonesia


Matius 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.
Berdasarkan data statistik 1998 sementara di Indonesia ditemukan 125 kelompok yang berpopulasi di atas 10.000,- belum termasuk suku terasing yang hidup di pohon-pohon yang memerlukan kesaksian Injil Kerajaan Allah. Data tersebut antara lain :
Pulau Sumatera : Aceh, Mandailing, Jambi, Komering, Lampung, Minangkabau, Palembang, Pasemah, Rejang, Riau Sekayu, Abung, Alas Kluet, Bangka, Belitung, Bengkulu, Deli, Enim, Gayo, Kaur, Kayu Agung, Kerinci, Krui, Kubu, Muko-Muko, Musi, Ogan, Rawas, Semendo, Sikule, Simeulue, Suku Botin, Tamiang, Belide, Daya, Pekal Panesak, Ranau, Semang Lewland, Lematang, Lembak, Lintang, Lubu, Pubian, Sindang Kelinci.
Pulau Jawa : Jawa Banyumasan, Jawa Pasir Lor, Jawa Pasir Kulon, Jawara (Jawa Madura), Madura, Sunda, Jawa Osing, Banten, Betawi.
Pulau Bali : Bali.
Kalimantan : Banjar, Ampanang, Bolongan, Djongkang, Dusun Deyah, Dusun Malang, Dusun Witu, Lawangan, Mualang, Selako Siang, Tawoyang, Tidung (camucones), Bakumpal, Kembayang, Kendayan, Keninjal, Merau, Ribun, Tenggarang Kutai, Tunjung.
Maluku : Ternate (tematan), Tidore, Geser Gorom, Teluti, Sula, Letti, Makian (barat), Makian (timur).
Sulawesi : Gorontalo, Makasar, Bolango, Kulisusu, Mekongga, Wawonii, Bajau, bungku, Bugis, Buol, Cia-cia,Dempelasa, Duri, Kaidipang, Kwandang, Lolak Mandar, Pattae, Suwawa, Toala, Toli-Toli, Tomini, Ulumanda, Walio, Bentong, Campalagian, Enrekang, Konjo, Pegunungan, Konjo Pesisir, Miwa, Mamuju, Pancana, Tae Bawah (Rongkong), Tahulandang, Wawoni, Bajan.
Nusa Tengara : Sasak, Binma,Lamboya, Mamboru, Tanglapui, Abui, Blagar, Galoli, Kabola, Kendang, Kelon, Keo, Lamma Lamaholot, sumbawa, Weyewa, Wanukaka, Woisika, Tukang Besi Selatan, Tukang Besi Utara.
Dengan mengadopsi sebuah suku yang ada di Nusantara dan berdoa khusus untuk secara pribadi untuk suku tersebut maka Allah mendengar dan kita menunggu waktu-NYA TUHAN lakukan pekerjaan besar di Nusantara.

No comments:

Post a Comment