"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Sunday, February 12, 2012

Kesatuan Kebenaran Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Hal Yesus Anak Manusia


Lukas 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.” //Sepse Biri i njeriut erdhi të kërkojë dhe të shpëtojë atë që kishte humbur”.// ἦλθεν γὰρ ὁ υἱὸς τοῦ ἀνθρώπου ζητῆσαι καὶ σῶσαι τὸ ἀπολωλός.
Yesus menyebut diri-Nya sendiri sebagai Anak Manusia. Apakah dasarnya menyebut diri-Nya Sendiri sebagai Anak Manusia? Mengapa Dia melekatkan sebutan nama sebagai Anak manusia? Apakah kaitan status Anak Manusia dengan pekerjaan-Nya sebagai sosok yang datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang? Bila diamati lebih lanjut, maka kuasa dan wewenang yang dimiliki Yesus sebagai sosok Anak Manusia bukan sekedar mencari yang hilang dan menyelamatkannya, melainnya juga :
  • Lukas 5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” — berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu –: “Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
  • Lukas 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.
  • Lukas 9:22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”
  • Lukas 9:44 “Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia.”
  • Lukas 12:10 Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.
  • Lukas 12:40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.
  • Lukas 17:24 Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya.
  • Lukas 21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
  • Lukas 21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.
  • Lukas 22:69 Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa.”
  • Lukas 24:7 yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”
Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Anak Manusia. Bila memperhatikan teks maka sosok Yesus berbeda dengan konsep anak manusia lazimnya meski sebagai Anak Manusia, Yesus memiliki persamaan dengan sosok manusia, antara lain:
  • Lukas 7:34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. (Yesus manusia riel yang perlu makan dan minum dan bergaul dengan kelompok berdosa namun tidak terpengaruh dengan dosa melainkan menyelamatkannya)
  • Lukas 9:58 Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” (Yesus mengetahui dan merasakan kehidupan manusia yang sulit dan sibuk sehingga waktu beristirahat praktis sangat sedikit)
  • Lukas 22:22 Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!” (Yesus alami kehidupan yang tidak nyaman)
  • Lukas 22:48 Maka kata Yesus kepadanya: “Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?” (seperti manusia yang alami penghianatan)
Yesus sebagai Anak Manusia adalah pernyataan yang melukiskan wewenang dan juga penderitaan. Wewenang dan kuasa Yesus sebagai Anak Manusia setidaknya dalam Injil Lukas adalah:
  • Menyelamatkan manusia yang terhilang akibat keberdosaan dan aneka tindakan meleset dari kehendak dan atau hukum Allah.
  • Mengampuni dosa dan menyembuhkan aneka penyakit (bahkan membangkitkan yang mati)
  • Tuhan hari Sabat (sebagai pusat ibadah perayaan Sabat)
  • Memikul dosa dan kejahatan manusia sehingga sebagai manusia harus mati di salib namun bangkit kembali mengalahkan kematian dan sengat dosa serta kuasa maut.
  • Yang berada dibelah kanan Allah dalam Kerajaan Sorga.
  • Sebagai HAKIM yang akan menghakimi semua manusia pada akhir zaman dan penentu yang memutuskan seseorang berhak atau tidak menetap dalam sorga dan atau neraka dalam kekakalan.
Yesus adalah Anak Manusia maka Dia alami aneka peristiwa yang harus dialami manusia seperti kelahiran meski dalam kelahiran-Nya bukan karena keinginan manusia melainkan kehendak TUHAN tanpa campur tangan manusia dan hanya membutuhkan kesediaan Maria untuk melahirkan sekalipun tidak bersetubuh dan belum menikah. Dan Kelahiran-Nya dicatat sebagai berikut :(  Injil Lukas mencatat)
  • 1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
  • 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
  • 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya
  • 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah
Yesus Anak Manusia adalah tindakan Allah untuk menyelamatkan manusia yang kelahiran-Nya sampai kebangkitan-Nya dalam rancangan Allah yang berabad-abad telah disampaikan kepada manusia. Rancangan Tuhan yang berabad-abad itu digenapkan oleh Yesus Anak Manusia. Rancangan yang berabad-abad telah diberitahukan kepada manusia
antara lain :
  • Mazmur 40:8 Lalu aku berkata: “Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku;
  • Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
  • Yesaya 9:5,6 (5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini
  • Mazmur 110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.”
  • Mazmur 110:4-6 (4) TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.” (5) TUHAN ada di sebelah kananmu; Ia meremukkan raja-raja pada hari murka-Nya, (6) Ia menghukum bangsa-bangsa, sehingga mayat-mayat bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala di negeri luas. (Kekuasaan Yesus Anak Manusia sebagai Hakim pada saat kedatangan-Nya yang ke-2 di hari depan.)
  • Yesaya 11:1-4 (1) Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. (2) Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; (3) ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. (4) Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.
  • Yesaya 53 (1) Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan? (2) Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknya pun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupa pun tidak, sehingga kita menginginkannya. (3) Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan. (4) Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. (5) Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. (6) Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. (7) Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. (8) Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah. (9) Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya. (10) Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. (11) Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.(12) Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.
Yesus Anak Manusia sesuatu tanda yang ajaib yang berikan TUHAN ALLAH kepada manusia yang di dalam-Nya ada kepastian dan jaminan keselamatan namun hal ini mendatangkan pertentang sepanjang masa sebab Dia lahir sebagai manusia namun manusia menolak kepastian dan jaminan keselamatan yang DIA berikan. Dia datang dalam gulungan kitab sebab DIA adalah TUHAn yang berfirman yang telah melakukan hal ajaib menjadi manusia dan dipanggil sebagai ANAK MANUSIA. Konflik akibat tindakan Allah yang tidak terduga ini maka akan akibatkan :
  • Lukas 6:22 Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.
  • Lukas 9:26 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Anak Manusia juga akan malu karena orang itu, apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan-Nya dan dalam kemuliaan Bapa dan malaikat-malaikat kudus.
  • Lukas 11:30 Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.
  • Lukas 12:8 Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
  • Lukas 12:40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.”
Yesus Anak Manusia bukan hanya sekedar manusia biasa dan dapat menarik perhatian banyak orang sehingga hasilkan pro dan kontra dalam ketika menyimak pernyataan bahwa Yesus adalah Anak Manusia dalam kitab Injil namun Dia berkata berbahagialah yang percaya kepada-Nya.

No comments:

Post a Comment