"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Monday, January 17, 2011

Doktrin Messianic Judaeism/Christianity


Shalom.

Ada lagi satu demoninasi Kristen yang saat ini tumbuh dengan pesat di Amrik sana. Mereka menyebut dirinya sebagai Messianic Christians, orang2 lebih sering menyebut mereka dengan istilah Messianic Jews.

Awalnya gereja ini adalah sempalan dari agama Yahudi (Judaeism) perbedaan utamanya terletak pada pengakuan mereka akan Yesus (Yesuah dalam bahasa Ibrani dan Isa dalam bahasa Arab). Awalnya merupakan gereja tuk bangsa Yahudi yang percaya Yesus, namun dalam perkembangannya banyak juga bangsa2 lain non Yahudi yang menjadi jemaat di gereja ini. Begitu pula banyak bangsa Yahudi yang masuk dan bergabung di gereja2 Kristen lainnya di Amrik. Mostly of them masuk dan bergabung ke gereja2 Evangelist di Amrik sono.

Doktrin mereka pada umumnya sama dengan doktrin Kristen dan ada beberapa perbedaan mendasar.
Persamaan:
1. Mengaku Yesus sebagai Juruselamat

Perbedaan:
1. Masih mengakui Perjanjian lama yang menempatkan bangsa Yahudi secara harafiah sebagai umat pilihan. Ciri2nya banyak masih memakai aturan dan perintah yang ada di 5 kitab awal PL (yang disebut Taurat Musa). Masih menganggap janji Tuhan untuk mereka masih ada, mereka masih mengganggap merekalah umat pilihan. Mereka mengganggap Israel secara harafiah adalah pusat dari Kekristenan dengan pusatnya di kota Yerusalem (Yerusalem yang ada di Palestina, Tanah Kanaan)
2.Masih percaya pada pemulihan Israel hariah, dimana mereka akan kembali dikumpulkan di Yerusalem. 
Pembangunan kembali bait Allah di Yerusalem di atas Bait Allah yang dulu dibangun oleh Salomo, yang sekarang telah beralih fungsi menjadi Mesjid Al-Aqsa.
Kedatangan Yesus tuk membebaskan bangsa Israel harafiah. 
Ringkasnya mereka banyak memakai ayat2 di PL sebagai dasar pegangan.


Dari pembicaraan dan diskusi sebelumnya, saya merasa gerakan Messianic Christians ini telah masuk ke Indonesia dan berkembang disini.

Sumber berita:
http://en.wikipedia.org/wiki/Messianic_Jews
http://www.religioustolerance.org/mess_jud3.htm
http://www.homeworship101.com/NL_2005_09.htm
http://www.homeworship101.com/NL_2005_09.htm
http://www.messianic-indonesia.com
http://www.jawaban.com

No comments:

Post a Comment