"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Thursday, August 25, 2011

Lagu Malam Kudus

Malam Kudus pertama kali dinyanyikan di Gereja St. Nikolas - Austria pada tanggal 25 Desember tanpa diringi orgel. Lagu tersebut kemudian dinyanyikan secara berkelanjutan. Lagu adalah gubahan "anak haram" yang banyak mengalami penolakkan yang pada masa kecilnya bernama Josepf Mohr.

Josepf Mohr lahir di Salzburg, ibunya bernama Anna, seorang petenun sederhana yang jatuh cinta dengan seorang prajurit sehingga hamil dan prajurit tidak mau bertanggung-jawab. Anna masih mencamtumkan nama prajurit itu dalam nama anaknya dan kemudian seorang algojo bersedia menjadi wali baptisnya anaknya setelah alami banyak penolakkan.

Josepf Mohr kemudian masuk biara di Kremsmunter. Dalam pendidikan di biara itu kecermerlangan bakatnya di bidang musik mulai tampak. PAda umur 16 tahun masuk sebuah seminari dan dalam usia 22 tahun menjadi pastor pembantu di gereja St. Nikolas Austria. Di gereja ini ia bertemu dengan Franz Gruber yang nantinya mengubah lagu untuk malam kudus.

Menjelang natal 1811, mengunjungi seorang ibu yang baru saja melahirkan lalu mengalirlah sebuah puisi yang mengambarkan intisari peristiwa natal yang agung, yakni kelahiran Yesus Kristus, Putra Allah ke tengah-tengah dunia. Saat hendak mengubah puisi menjadi sebuah lagu, orgel gereja rusak, lalu ia mendatangi sahabatnya Franz Gruber dan mendesaknya Gruber menyusun melodi puisi yang telah ditulisnya.

Tuhan memberkati, sehingga Gruber dalam tempo singkat dapat menyusun melodi puisi sehinnga pada tanggal 25 Desember 1818, lagu Malam Kudus dikumandangkan dan sungguh-sungguh mempersona anggota gereja yang hadir.

Lagu segera populer dan berita yang edar luas ialah bahwa penciptanya adalah Michael Haydn, saudara Jeseph Haydn. Raja Frederick Wilhelmus mencari tahu tentang lagu tersebut dan sejarahnya dan berjumpa dengan Felix Gruber anak Franz Gruber. Raja pun menetapkan lagu Malam Kudus gubahan Mohr dan Gruber.

____

http://pelanggi.jimdo.com/2010/04/27/josep-mohr/

No comments:

Post a Comment