"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Sunday, February 12, 2012

Minum Anggur Dan Pengajaran Alkitab


I Timotius 5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.// Disa njerëzve mëkatet u duken sheshit edhe përpara gjyqit, ndërsa të tjerëve u duken më pas.// μηκέτι ὑδροπότει, ἀλλὰ οἴνῳ ὀλίγῳ χρῶ διὰ τὸν στόμαχον καὶ τὰς πυκνάς σου ἀσθενείας.
Demi perut mu / untuk pencernaanmu – Ini bukan ajaran untuk kesenangan yang akan diperoleh dari penggunaan anggur, atau karena akan menghasilkan kegembiraan atau kesenangan, tetapi semata-mata karena dianggap penting untuk promosi kesehatan, yaitu sebagai obat. Minum sedikit anggur bukan perintah untuk pesta anggur sehingga alami kemabukan dan bukan pesta karena keberhasilan dalam bekerja.
Dan kelemahanmu sering  - ἀσθενειας astheneias – Kelemahan atau penyakit. Kata akan mencakup semua kelemahan tubuh, tetapi tampaknya merujuk di sini untuk beberapa serangan penyakit dengan penekanan masalah pencernaan maka Timotius bertanggung jawab terhadap kesehatan tubuhnya sendiri meskipun kita tidak memiliki informasi banyak sehubungan dengan sifat penyakit itu. Dalam pandangan bagian ini, dan sebagai penjelasan lebih lanjut dari itu, kita dapat membuat pernyataan berikut:
Penggunaan anggur, dan semua minuman memabukkan, adalah sungguh-sungguh dilarang untuk para imam di bawah Hukum Musa, ketika terlibat dalam kinerja tugas suci mereka; Imamat 10:9-10 . Hal yang sama juga terjadi di antara para imam Mesir. Clarke; membandingkan catatan pada 1 Timotius 3:3 . Hal ini tidak mustahil bahwa hal yang sama akan dianggap sebagai benar di antara mereka yang melayani dalam hal-hal suci di bawah dispensasi Kristen. Perasaan alami akan, dan tidak benar, bahwa seorang pendeta Kristen tidak boleh kurang suci dari seorang imam Yahudi, dan terutama ketika ingat bahwa alasan hukum Yahudi tetap sama – “supaya kamu dapat menempatkan perbedaan antara yang kudus dan suci, dan bersih dan tidak bersih. “
Timotius muda dapat diterima oleh kalangan Yahudi keras sebab dari ayat ini bahwa biasanya Timotius minum air saja, atau yang, dalam bahasa modern, ia adalah seorang “tee-totaller.” Dia, jelas, tidak dalam kebiasaan minum anggur, atau dia tidak bisa didesak untuk melakukannya.
Dari 1 Timotius 4:12 , kita belajar bahwa Timotius adalah seorang pria muda, tetapi sebagai di antara orang Yunani dan Romawi negara dari pemuda atau remaja yang saat ini memuat peraturan sampai tiga puluh tahun, dan tidak ada pria muda terhormat yang diizinkan untuk minum anggur sebelum waktu itu dan bahwa surat ini ditulis sekitar 64 atau 65 iklan, maka Timotius pasti sekitar tiga puluh lima ketika ia menerima surat ini sehingga secara hukum warga Romawi diperbolehkan minum air yang dicampur anggur dan Paulus menunjuk bahwa pengunaan anggur hanyalah sedikit saja. Mangapa Timotius hanya minum air putih saja? Apakah disebabkan konsep Romawi minum anggur sehingga menyebabkan mabuk adalah bentuk ekspresi antara lain minum anggur hanyalah untuk mereka yang bersedih karena anggur dapat menolong melupakan kesedihan? Apakah penyebab tidak mau minum karena minum anggur (dalam jumlah banyak) adalah bentuk hukuman sebab adanya anggapan diberikan minum anggur (sangat banyak) akan menjadi gila? Bukankah para penjahat yang divonis hukuman berat terkadang diberikan anggur yang banyak saat jalani proses penghukuman?
Paulus memberikan kebenaran bahwa tubuh Timotius yang alami masalah pencernaan serta tugas berat dan melelahkan yang dikerjakan maka perlu minum air yang dicampur sedikit anggur dan lupakan aneka alasan dan pendapat orang banyak yang melarang mengkonsumsi anggur namun konsumsilah dengan takaran yang benar. Pola konsumsi yang bijak akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh.
Apakah nutrisi yang terkandung dalam buah anggur sehingga Paulus menyuruhnya mengkonsumsi buah tersebut? Komponen Gizi Kadar per 100 gram anggur:
Energi (kkal) 69, Protein (g) 0,72, Lemak total (g) 0,16, Karbohidrat (g) 18,1, Serat total (g) 0,9, Gula total (g) 15,48, Kalsium (mg) 10, Besi (mg) 0,36, Magnesium (mg) 7, Fosfor (mg) 20, Kalium (mg) 191, Natrium (mg) 2, Seng (mg) 0,07, Tembaga (mg) 0,13, Mangan (mg) 0,07, Selenium(mg) 0,1, Vitamin C (mg) 10,8, Thiamin (mg) 0,07, Riboflavin (mg) 0,07, Niacin (mg) 0,19, Vitamin B6 (mg) 0,09, Folate total (mkg) 2, Vitamin A (mg) 66, Vitamin E (mg) 0,19, Vitamin K (mkg) 14,6.
Saat ini khasiat buah anggur dikenal antara lain:
  • Untuk Kesehatan Jantung. Kandungan flavonoid pada buah anggur terdiri dari dua jenis, yaitu quercitin dan resveratrol. Resveratrol pada anggur juga terbukti dapat menghambat endothelin-1 (ET-1) terutama jenis anggur merah.
  • Mengobati Gangguan Pencernaan karena mengandung magnesium. Perjalanan anggur sebagai makanan obat ternyata telah berawal pada zaman Mesir kuno. Selain disajikan sebagai buah meja di lingkungan Kekaisaran Yunani dan Mesir Kuno, buah anggur telah dimanfaatkan sebagai bagian dalam pengobatan alami gangguan pencernaan. Saat ini juga dipakai oleh austronot yang hidup di ruang hampa sebab anggur memiliki zat khusus sehingga dapat menjaga kesehatan metabolisme dalam kondisi tanpa gravitasi.
  • Sebagai penggelontor kotoran (buang air besar) lantaran kandungan serat kasarnya yang melimpah dalam kulit buah dan zat pencahar ringan (laksatif) yang terdapat dalam buah anggur, menurut Dr Bernard Jensen, penulis buku laris Eating Right For Health, Vitality, and Longevity dalam bukunya yang lain yakni Foods That Heal.
  • Meningkatkan energi dalam tubuh karena kandunag zat besi dan mineral penyusun sel-sel darah merah yang merupakan pengangkut sumber energi untuk jenis anggur yang berwarna gelap.
  • Mencegah kanker dengan meningkatkan daya tahan tubuh, dari keampuhan resveratrol alami dalam buah anggur ini sudah terbukti lewat kemampuannya mengganyang sel-sel kanker dalam tiga tahapan. Bila anggur lebih dini dikonsumsi, resveratrol sudah akan beraksi meredam kerusakan DNA dalam sel pada tahap awal pertunasan sel benih kanker.
  • Mencegah Penuan dini terdapat dalam biji anggur memiliki kekuatan antioksidan yang dipunyai vitamin A, C, dan E. Dr Masquelier (Majalah Nirmala, cybermed.cbn.net.id).
  • Mencegah Kerusakan pada Gigi dengan kandungan tanin dalam anggur. Sementara buat anda yang perokok, mengkonsumsi anggur juga sangat disarankan. asam elegat dalam anggur mampu menghancurkan hidrokarbon, senyawa penyebab kanker yang disebabkan asap rokok.
  • Menjaga kesehatan pria dalam anggur merah terdapat mineral mikro yakni mangan dan seng untuk menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria, serta mencegah dan membantu mengatasi peradangan prostat.
  • Mengurangi gejala insomnia/sulit tidur. Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia. Hormon melatonin umumnya akan muncul di malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tertidur pulas.
  • Memiliki nutrisi penting bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Anggur mengandung folat. Bagi ibu, folat mengurangi risiko anemia megaloblastik dan menurunkan kadar homosistein dalam darah yang bepengaruh pada berkurangnya risiko preeklamsia. Eklamsia dan preeklamsia merupakan tiga besar penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan di Indonesia selain perdarahan dan infeksi.(sumber:medicastore)
  • Mengurangi resiko pikun / penyakit Alzheimer bahkan melalui penelitian University of Cincinnati menyatakan Hasil tes memori tersebut menunjukkan efek yang signifikan pada partisipan yang diberi jus anggur. “Mereka yang minum jus anggur menunjukkan hasil tes memori yang lebih baik dibanding mereka yang tidak minum jus anggur, baik pada tes verbal maupun non verbal,” ujar Dr Robert Krikorian seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (10/12/2009)
Paulus menuliskan bahwa mimun anggur yang dicampur air putih sesuatu yang harus dilakukan oleh Timotius. Clarke Commentary menyatakan:
  • Hal itu perlu bahwa pekerjaan harus dilakukan dalam Gereja di Efesus dimana Timotius yang ditunjuk meminpin di Efesus.
  • Tidak ada orang di Efesus cocok untuk melakukan pekerjaan, tetapi Timotius sosok ideal.
  • Timotius tidak bisa terus melakukannya jika ia mengikuti cara menghadirkan nya abstemiousness (pantang minum anggur / sebuah pola diet yang dikenal saat it yang menolak konsumsi anggur melainkan kalau minum harus dan hanya selalu minum air putih).
  • Itu perlu, karena itu, bahwa ia harus menerima arahan dari otoritas Ilahi relatif terhadap pelestarian hidupnya.
Tuhan telah memberikan pertolongan kepada manusia agar tetap dapat melakukan kegiatan dan tidak terganggu dengan masalah kesehatan. Dengan pertolongan dan hikmat Tuhan dan akal budi yang diberikan maka ada kebahagiaan dan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi manusia, salah satunya dengan pola makan yang benar dan tepat. Pola yang tepat dan benar tidak menyebabkan mabuk.
Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment