"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Sunday, February 12, 2012

Okultisme Suatu Pengantar


Okultisme berasal dari kata “occultus” (Lat) yang artinya tersembunyi, rahasia, gaib, misterius, gelap, atau kegelapan. Dengan demikian, okultisme dapat diartikan sebagai paham yang menganut dan mempraktikkan kuasa dan kekuatan dari dunia kegelapan atau dunia roh-roh jahat.
Bentuk dan pernyataan okultisme dalam setiap budaya berbeda-beda sehingga dalam mengamati kegiaan okultisme harus bersikap hati-hati dan berada di bawah kendali Roh Kudus. Okultisme hadir karena dua sifat dasar utama manusia, yaitu:
  • Keinginan untuk berkuasa
  • Keinginan untuk mengetahui.
Yeses saat dicobai ditantang untuk terjerumus kepada keinginan menyatakan kuasa-Nya dan mempublikasikan pengetahuan kuasa sehingga diketahui dan atau mengetahui bahwa janji Allah adalah benar dan tepat digenapi. Yesus menolak bujukan Iblis saat dicobai di padang gurun.
Adam dan Hawa digoda untuk berkuasa seperti Allah dan juga digoda untuk mengetahui hal yang baik dan jahat. Sifat yang mendasari semangat bentuk bentuk okultisme sangat mengoda manusia sejak awal manusia hadir di bumi, sehingga hanya oleh kasih karunia Tuhan saja manusia dapat bertahan dari cobaan untuk masuk dalam praktek okultisme.
Bentuk bentuk okultisme yang mengoda manusia untuk berkuasa, diantaranya:
  • Benda-benda aneh dan memiliki kekuatan magis.
  • magic, sihir dan tenaga supra natural.
  • Ilmu kekebalan
  • Mengendalikan prilaku dan pikiran orang lain
  • Mantra-mantra yang mendatangkan kuasa dan kekuatan
Bentuk bentuk akultisme yang mengoda manusia untuk mengetahui sesuatu hal yang bersifat rahasia:
  • Spiritisme (ilmu roh-roh)
  • Ilmu rasa
    • hyperaestesia
    • telepati
  • Ilmu Ramal / Mantik
Okultisme berkembang diwarnai dengan aneka bentuk Takhayul dan berkaitan dengan lokasi dan peristiwa tertentu.
Allah adalah Mahakuasa dan Mahatahu. Dia melampaui segala sesuatu bentuk okultisme, namun diperlukan kasih karunia untuk membedakan mana kuasa dan pengetahuan dari Tuhan Allah mana yang berasal dari okultisme.
Situs http://misi.sabda.org menyatakan perbedaan dari Tuhan dan dari okultisme antara lain:
Dalam Praktik Penyembuhan
* Penyembuhan dari Iblis
Bersandar pada kekuatan si penyembuh, benda, atau jimat yang sudah diberi mantra. Penyembuhan hanya dapat dilakukan pada jam-jam tertentu. Nama dewa-dewa atau roh-roh jahat disebut dalam doa kesembuhan.
* Penyembuhan dari Tuhan
Bersandar pada kuasa Kristus sebagai Tabib dari segala tabib. Penyembuhan dapat terjadi setiap saat Tuhan kehendaki. Hanya nama Yesus yang disebut sebagai Penolong kesembuhan.
Dalam Berbahasa Roh
* Bahasa dari Iblis
Melakukan meditasi/semedi sampai kesurupan (trance), selanjutnya iblis berkata-kata melalui orang tersebut. Tujuan agar roh dapat memberi analisa atau petunjuk tentang permasalahan. Bahasa yang keluar merupakan bahasa manusia atau roh yang dapat dimengerti setiap yang mendengar.
* Bahasa dari Allah
Ketika berdoa, Tuhan ingin menyatakan dan mengaruniakan sesuatu kepada manusia melalui bahasa lidah. Tujuannya agar iman orang tersebut dibangun dan lebih dekat dengan Kristus. Bahasa antara roh manusia dan Roh Allah hanya dimengerti oleh orang yang diberi karunia menafsirkan.
Dalam Memberi Ramalan atau Nubuatan
* Ramalan dari Iblis
Bergantung pada petunjuk benda-benda keramat (bola, tongkat, keris) dan roh yang masuk. Tujuannya agar manusia percaya dan menyembah Iblis.
* Nubuatan dari Tuhan
Bergantung pada penyataan Roh kudus, melalui orang yang bernubuat dalam keadaan sadar sepenuhnya (tidak trance). Tujuannya agar manusia mengerti kehendak Allah dan bersedia menaatinya.
Dalam Memberi Visi
* Visi dari Iblis
Diperoleh saat orang tersebut dalam keadaan trance. Tujuannya supaya manusia melakukan kemauan iblis seperti visi yang dilihatnya.
* Visi dari Tuhan
Diperoleh dalam keadaan terjaga dan sadar sepenuhnya. Bukan upaya manusia, tetapi anugerah Allah supaya manusia mengerti kehendak Kristus dan menaatinya.
Tuhan Yesus datang agar orang yang tertawan termasuk oleh okultisme dibebaskan. (Mat 10:1; Mrk 16:17; Yoh 21:21-23; Luk 4:19; Yoh 8:34-36)
Hal yang terutama dalam pelayanan ini bersifat pribadi yang menuntut persyaratan  waktu, peduli dan kasih dalam kuasa Roh Kudus, tanpa hal ini maka pelayanan sesuatu yang sia-sia yang diikuti pengakuan dan pemutusan hubungan yang silanjuti dengan penyangkalan yang membebaskan tertawan yang disertai kepada penyerahan kepada Tuhan Allah Trinitas sehingga kuasa dari Tuhan sendirilah yang memagari dan melakukan pekerjaan ini sebab hanya Tuhan Allah yang lebih kuat dan berkuasa yang mampu melakukan aneka tindakan pertolongan, pembebasan, pemulihan.
Segala tindakan harus dalam kuasa Tuhan dan dalam nama Tuhan sebab “segala kuasa yang ada di langit dan di atas bumi dan di bawah bumi akan bertekuk lutut dihadapan Yesus Kristus Tuhan. Tidak ada seorang manusia dapat melakukannya, hanya karena kasih karunia dan anugerah-Nya serta kewibawaan yang berasal dari Roh Kudus semata maka terjadi pelepasan dan pemutusan dari bentuk okultisme.
Hanya anugerah membuat terluput dari keinginan terlibat okultisme. Hanya oleh pagar perisai anugerah dan iman terlindungi dan hanya karena Tuhan semata maka terjadi pelepasan.

No comments:

Post a Comment