"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." { Wahyu 4:11}

Sunday, February 12, 2012

Kesatuan Kebenaran Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Hal Janji Allah Berdasarkan Galatia


Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu. // ἵνα εἰς τὰ ἔθνη ἡ εὐλογία τοῦ Ἀβραὰμ γένηται ἐν Ἰησοῦ ⇔ Χριστῷ, ἵνα τὴν ἐπαγγελίαν τοῦ πνεύματος λάβωμεν διὰ τῆς πίστεως. // O vëllezër, po ju flas në mënyrën e njerëzve: në qoftë se një besëlidhje është aprovuar, edhe pse është besëlidhje njeriu, askush nuk e zhvleftëson as nuk i shton gjë.
Jika memperhatikan Kitab Galatia maka janji Tuhan kepada Abraham bahwa oleh keturunanmu segala bangsa memperoleh berkat (……..olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” Kejadian 12:3b) maka dapat disimpulkan bahwa berkat Abraham bagi bangsa-bangsa adalah Roh Kudus/Roh Allah yang dicurahkan kepada setiap bangsa.
Pengenapan janji Allah bagi bangsa-bangsa diwujudkan dengan hadirnya Yesus Kristus sebagai pembaptis dengan Roh Kudus sebagai perwujudan dari janji Allah kepada manusia percaya yang diwakili oleh bapa orang percaya yakni Abraham.
Abraham menerima janji Allah semata-mata karena kesetiaan Tuhan terhadap janji-Nya sehingga secara logika dan ilmu medis tidak mungkin Abraham mendapatkan apa yang dijanjikan Tuhan (http://shpirt.org/2011/08/31/tuhan-menetapkan-waktu-pengenapan-janji-nya-kepada-abraham-dan-sarah/ dan perhatikan http://shpirt.org/2011/03/12/rancangan-sejarah-dalam-janji-allah-bagi-keturunan-abram/) Kesetiaan Allah nyata karena adanya kasih karunia yang berlimpah dari Allah kepada manusia melalui Abraham.
Jika dalam Kejadian 15:9-12 berbicara kaum keturunan Abraham yang dijanjikan dalam pengertian jamak, namun dalam janji hadirnya berkat khusus dari Allah kepada Abraham hanya kepada sosok seorang pribadi yakni Kristus. (Galatia 3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan “kepada keturunan-keturunannya” seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: “dan kepada keturunanmu”, yaitu Kristus. bandingkan dengan Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.) Kitab Kejadian menerangkan bahwa keturunanmu adalah seorang laki-laki tunggal dari keturunan yang berasal dari Ishak. Kata yang digunakan dalam Kejadian 21:12 adalah:
 וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־אַבְרָהָם אַל־יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל־הַנַּעַר וְעַל־אֲמָתֶךָ כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה שְׁמַע בְּקֹלָהּ כִּי בְיִצְחָק יִקָּרֵא לְךָ זָרַע׃
Kata הַנַּעַר berarti seorang laki-laki tunggal bukan sejumlah kaum dari keturunan Abraham yang berasal dari Ishak dan seorang laki-laki tersebut telah digenapi dalam diri Yesus Kristus, Sang Firman yang menjadi manusia dan hadir melalui Maria istri Yusuf.
Kitab Galatia menegaskan kembali bahwa janji Allah menyebabkan hadirnya kasih karunia Allah didapat dalam Kristus Yesus. (Galatia 5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.) Sebagaimana Abraham mendapatkan kasih karunia karena beriman, maka kasih karunia Allah itu hadir saat kita percaya kepada Yesus Kristus sebagai pengenapan janji Allah kepada Abraham bahwa melalui Yesus Kristus hadir berkat bagi seluruh kaum di dunia dinyatakan. (Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.)
Janji Allah dalam Kitab Galatia membicarakan berkat janji yang diberikan kepada Abraham bukan cuma untuk bangsa Israel saja namun bagi seluruh kaum di bumi mendapat berkat. Sekalipun Yesus hanya melayani dibatas oleh waktu dan teritorial namun Dia memberikan dan membaptis murid-murid-Nya dengan Roh Kudus dan Roh Kudus hanya didapat melalui kasih karunia dalam Yesus Kristus.
Janji hadirnya Roh Allah telah dinubuatkan juga oleh para nabi.
  • Yoel 2:28 “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
  • Yoel 2:29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.
Roh Tuhan hadir bagi umat-Nya yang menerima Kristus Tuhan. Kitab Galatia menyatakan hal ini antara lain:
  • Galatia 3:2 Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?
  • Galatia 3:5 Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?
  • Galatia 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”
Melalui Roh Allah yang dikaruniakan berdiam dalam diri orang yang menerima janji Allah maka berkat Abraham dirasakan bagi setiap manusia. Berkat Abraham melalui kasih karunia Allah itu diwujudkan antara lain:
  1. Memanggil Allah sebagai Bapa. (Galatia 4:6)
  2. Mengenal Allah lebih intim dan lebih baik. (Galatia 4:9)
  3. Kebenaran Allah menjadi bagian hidup (Galatia 5:5)
  4. Hidup dipimpin oleh Roh Allah. (Galatia 5:18)
  5. Hidup menghasilkan buah roh (Galatia 5:25)
  6. Hidup kekal (Galatia 6:8)
Berkat Abraham adalah memuat berkat bukan hanya untuk hidup sekarang di dunia namun kepastian hidup kekal karena meterai dari Roh Allah melalui kasih karunia Yesus Kristus bagi yang percaya kepada-Nya. Berkat Janji Allah di dapat bila kita percaya kepada Injil Yesus Kristus Juruselamat dan tetap setia hidup dalan Roh dan Janji sekalipun alami sesuatu yang tidak nyaman. (Galatia 4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging, menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini.)
Janji Tuhan memungkinkan hidup dalam roh dan menikmati segala berkat yang luar biasa dari Tuhan Allah sampai masuk hidup kekal dalam kerajaan Bapa. Kepastian dan jaminan diberikan karena Dia memeteraikan dengan Roh-Nya. (Bandingkan dan lihat dengan Efesus 1:13 Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.)

No comments:

Post a Comment